expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Friday, June 13, 2014

INI KISAHKU ....

Pernah mendengar ketika orang berkata bahwa wanita itu ga perlu berpendidikan tinggi? Ah, aku sih sering. Kamu juga? Pastinya. Pernah mendengar juga ketika ucapan tersebut dilanjutkan dengan kalimat "Wanita itu ujung-ujungnya di kasur, dapur dan sumur"?, ah, baik aku ataupun kamu, pasti pernah juga bukan? Eh engga, sering deh bukan pernah ^.^..


Buat kamu yang nyerah atau nurut dengan kalimat seperti ini, aku punya cerita, ini kisahku ..

Aku Siti Komariah, orang biasa memanggilku siti. Aku lahir 21 tahun silam dalam kondisi prematur. Hal ini membuat kondisi jantung, paru-paru serta organ dalam tubuhku tidak berfungsi dengan baik. Singkat cerita, aku difonis tidak akan bisa bertahan hidup lama. "Paling bertahan 2-3 bulan" katanya. Tapi, taraaa!!! Buktinya aku sudah 21 tahun, dan aku bisa menuliskan kisahku ini. Eeiittss jangan takut, ini beneran aku, aku ga meninggal seperti fonis "Mereka->Manusia". Kenapa? Aku percaya Allah menitipkan hadiah terindah kepada setiap manusia ketika ia dilahirkan. Begitupun kepadaku ..

Ini kisahku ..
Berangkat dari keluarga yang sederhana. Aku tumbuh menjadi anak-anak yang aga tomboy, (kalo liat film si bolang, itu aku banget waktu kecil). Masalahnya, tetangga aku cowok semua, cuma ada 1 orang cewek, tapi katanya sih dia nyebelin jadi jarang ada yang mau teneman sama dia. Lucunya, meski aga tomboy, aku sering jatuh sakit, dikit-dikit ketemu dokter, kayanya tiap bulan ngedate terus sama dokter. Ih, terus apa hubungannya sama pertanyaan diawal soal mendengar tentang takdir wanita yang dianggap ga usah berpendidikan tinggi? Ada dong .. Yu .. Lanjut

Ini kisahku ..
Saking seringnya sakit-sakitan, orang tua jadi ragu menyekolahkanku. Tapi, aku dimasukan ke SD pada usia 5 tahun, gara-gara aku nangis pingin sekolah. Hasilnya? Aku siswi paling pintar saat itu, (sebaliknya heheh). Aku sering diledek gara-gara dapat nilai "nol" mulu. So, aku di panggil si "endog". Itu bahasa sunda, artinya telor. Sedih??? Ah engga. Aku bukan tipe orang yang mudah nyerah, (narsisdikit.com). Aku pulang kerumah dengan tangisan, lalu bilang pingin berhenti sekolah. Loh, katanya ga gampang nyerah? Haha. 

Ini kisahku ..
Aku kembali sekolah pada usia 6 tahun.. Yaaa .. Waktu 5 tahun kemarin sih emang belum waktunya, sempet ditolak juga sama pihak sekolahnya karna umurnya yang 5 tahun ada belum full waktu itu. Dasar aku aja pingin sekolah cepet2 gara2 yang lain sekolah. Meski dengan ragu karena sering sakit, orang tua aku tetap menyekolahkan aku. Saat itu aku mengidap salah satu gangguan paru-paru. Tiap senin aku check up ke dokter. Ga sekolah dong? Emang engga. Tapi percaya atau ga, aku keluar sebagai juara 1, dan tetap bertahan 3 besar sampai kelas 6. Aku juga paling sering dibawa lomba cerdas cermat (narsislagi.com), Memasuki SMP, alhamdulillah aku juga tetap ranking, meski berputar di 3 besar, 5 besar, sempat jatuh 10 besar, gara-gara sakit juga. Ga bermaksud sombong, lagian prestasi kaya gitu apa bagusnya dan apa istimewanya? hehe. Aku cuma pingin tell something buat para cewek yang nyerah dengan kata-kata "Wanita ga perlu berpendidikan tinggi". 

Ini kisahku ..
Masuk SMA, aku mulai sedikit feminine #lol. Tapi tetap dengan ambisi ingin jadi yang paling berprestasi, bahkan waktu itu aku berambisi "ingin terkenal" disekolah hehe. Ini mendorong aku untuk punya keinginan yang lebih dengan mencoba hal yang baru... Sampai akhirnya, nyaris semua organisasi aku jabanin, dan keluar menjadi salah satu kandidat ketua osis. Tapi hal ini membuat orang tua ga setuju gara-gara aku pulang sore terus. Jangan salah loh, orang tua juga percaya dengan kata-kata "Wanita ga perlu berpendidikan tinggi", aku sering disebut wanita karir, ga butuh cowok, dikunci di kamar gara-gara ga boleh rapat osis dll ... Waktu itu aku ga bisa melawan, ya .. karna seperti prinsipku, aku akan menjawab dengan apa yang aku lakukan, sementara waktu itu aku belum bisa membuktikan apa-apa. Tapi sekarang, orang tua aku, dan orang-orang yang berkata "Wanita itu ga perlu berpendidikan tinggi", justru menyuruh anaknya kuliah. Kenapa? ?

Ini kisahku ..
Aku ga pernah menjawab apa-apa ketika mereka berbicara. Bagiku, aku akan menjawab, dengan tindakanku. Sampai akhirnya, gara-gara ga ada yang mendukung aku kuliah, aku nekat nyari beasiswa. Orang tua ga tau aku pernah 4 kali gagal seleksi beasiswa Salman ITB, atau seleksi beasiswa lainnya. Lucunya, ketika teman-temanku merasa nyerah, aku tetap maju dan mencoba setiap peluang yang ada. Dengan kata lain, aku sendiri ga tau berapa kali aku gagal saat itu, kebanyakan sih hehe. Tapi inilah aku, ga mau nyerah sampai aku dapet apa yang aku mau. Apalagi waktu itu aku memiliki cita-cita menjadi seorang dosen, mana bisa jadi dosen tanpa kuliah?. 

Ini kisahku..
Ya, aku emang ga ingin cerita bahwa aku berjuang untuk kuliah, orang ga ada ko yang dukung aku, meski hanya satu orang, Ga ada. Sampai akhirnya, yang orang tua tahu, waktu itu aku pulang dengan membawa surat bahwa aku lulus seleksi bidik misi Polban 100 besar. Orang tua kaget? Ya pasti. Aku ga pernah cerita ko hehe. Aku hanya cerita pada guru BP aku yang sangat mendukung keinginan aku. Ia yang tahu jatuh bangunnya aku demi kuliah. Beliau bahkan ingin membuatkan sebuah acara seminar dengan meminta aku sebagai pematerinya. 
Katanya, "Siti, ibu mau bikin seminar motivasi, siti yang jadi pematerinya ya. Mau kan? Nanti ibu kasih uang jajan, siti ceritakan aja kisah siti sama adik-adik siti disini". 

Anehnya aku waktu itu justru menolak. Aku fikir, siapa aku bisa jadi motivator orang? Hehe. Meski hanya lulus sebagai cadangan dan dinyatakan gugur di Polban karna polban hanya membutuhkan 75 orang, aku tetap seneng bisa lolos 100 besar dari ribuan pendaftar, dan menjadi satu-satunya siswi yang lolos bidik misi di kecamatan aku saat itu. Ini juga yang mulai membuka pemikiran orang tua aku. Adalah ketika tanpa sepengetahuan mereka pula, tanpa ijasah SMA (yang masih belum keluar dari sekolah waktu itu), aku melamar menjadi guru bahasa inggris di SD dan ternyata diterima. 


Ini kisahku ..
Selain berangkat dari keluarga yang sederhana. Meski keluarga aku terbilang sangat perhatian pada anaknya, kita nyaris ga ada istilah individualis, dan kemana-mana selalu bareng. Tapi mungkin inilah yang dikatakan bahwa hidup itu ga mungkin lepas dari masalah. Ada something yang ga bisa aku ceritakan disini, yang terjadi pada keluarga aku. Something, yang bikin orang menertawakan nasib kami. Something, yang bikin tetangga menggosipkan kami, menjauhi kami, hingga akhirnya aku melihat mamah aku menangis karna itu.. 

Ini kisahku ..
Aku tipe orang yang ga peduli dengan apa yang orang katakan, meski itu ejekan yang cukup menyakitkan. Tapi hati aku berkata, "emang gue fikirin?". Tapi kalau ejekan itu tertuju pada keluarga aku yang bikin orang tua aku nangis, Hi, show time! aku bakalan bikin mereka tunduk dan hormat sama keluarga aku. Caranya, aku balas dendam dengan mengajar di sekolah dimana muridnya adalah anak dari tetangga aku. Melihat aku berpakaian ala guru, keluar rumah dan menjadi salah satu pendidik dari anak-anak mereka, bisa kalian bayangkan bagaimana wajah mereka yang tak punya hati itu .. Tapi itulah prinsip aku, aku akan balas dendam bukan dengan cacian atau gosip seperti yang mereka lakukan, tapi aku akan membalas dengan membuat mereka hormat sama aku, khususnya orang tua aku .. 

Ini kisahku ..
Begitulah semuanya mengalir hingga aku benar-benar melihat tetesan air mata ibuku berganti dengan tetesan air mata bahagia saat aku mendapat pujian dari sana sini. Hi, aku sih ga butuh pujian apapun, untukku, kebahagiaan orang tua aku, keluarga aku, lebih dari jutaan pujian presiden sekalipun .. Keluarga bagiku, adalah hidupuku, dan akupun berjuang untuk mereka.. 

Ini kisahku ..
Sejak itu pula, banyak yang menawari aku mengajar, mulai dari SMP bahkan SMA. Hanya saja, aku belum kuliah saat itu. Dari situlah femikiran orang tua lebih terbuka lagi, bahwa aku ga mungkin menjadi guru tanpa kuliah. That is why, aku mulai tes tertulis di UIN, karena kampus yang lain waktu itu sudah ditutup pendaftarannya hehe. Aku sempet dapat beasiswa berprestasi disini. Hingga akhirnya, aku sadar bahwa aku ga bisa terus bergantung pada beasiswa. Gaji guru itu kecil loh, aku ga bisa nyebutin nominalnya, yang jelas, aku digaji dalam dua bulan sekali, dimana gaji itu paling cukup dalam 1-2 minggu (buat ongkos doang). Tapi aku bertahan, karna aku mencintai pekerjaan aku, aku sayang anak didik aku, dan aku menemukan zona nyaman aku ketika berkumpul dengan anak-anak yang meski nakal, tapi acap kali mengundang gelak tawaku. Jadi, aku coba nyari kerjaan tambahan, kirim CV kesana kemari, kalau dihitung, mungkin bisa 30 tempat lebih aku datangi. Sampai ketika ada panggilan, aku selalu bertanya "lokasinya dimana ya? saya mengirim banyak CV, jadi cukup lupa ini perusahaan mana dan lokasinya dimana?" haha. Aku ga sekali mengalami penolakan, selama 3 bulan libur semester, nyaris tiap hari aku pergi, kebayang ga berapa CV yang aku kirim? Aku sempat 7 kali terjebak di MLM, maksudnya, langsung mundur pas tau itu MLM,  haha, sempet nyasa jugar, kehabisan uang, nahan lapar dari pagi sampai sore, tapi tetap berjalan, dan berkeliling mencari pekerjaan, nanya sana sini, banyak deh. Tapi once more, aku ga bilang hal kaya gini sama orang tua, cuman, kalau soal penolakan dan gagal, ya orang tua pasti tau. Sampai orang tua aku sendiri nyerah, kasian mungkin liat anaknya bolak balik ga jelas. Tapi inilah aku, ga akan berhenti sampai apa yang aku inginkan, bisa aku dapatkan. Lagian, aku yang berjuang, ko orang tua yang nyerah ya? haha. Tapi, Berkat doa dari orang tua, serta mungkin inilah buah dari hasil perjuangan aku, dan seseorang yang sangat baik yakni atasanku, saat ini aku bisa membiayai kuliah aku sendiri dengan bekerja sebagai penulis online bersamanya.

Ini kisahku ..
Dan sejak itu pula, ga ada lagi yang bilang atau nanya "Aduh siti buat apa sekolah terus"?. Ya .. meskipun sebutan "Wanita karir" sampai saat ini masih melekat dalam diri aku. Apalagi, aku ga punya pacar, yaa  .. semakin disebut "Wanita karir" yang ga butuh cowok. Aku sih senyum saja, aduh, ngapain dijawab? Allah tau alasan aku ga pacaran, yang jelas, bukan karna ga butuh cowok. Aku manusia ko, kata siapa ga butuh cowok? aku justru bukan siapa-siapa, dan apa yang aku raih ga akan lengkap tanpa ia yang akan mendampingi aku nantinya, sebagai imam aku. Inilah kisahku


So girls, jangan takut untuk bermimpi. Allah ga pernah membatas-batasi bahwa yang harus pintar itu cowok doang, ada gitu hadist yang berkata cowok doang yang harus pintar? Girls, ketika kamu punya pengetahuan, kamu bisa berbagi dengan orang disekitar kamu. So, kata siapa "Wanita ujung-ujungnya bakal di kasur, dapur dan sumur aja?". Girls, kalau kamu pintar, itu untuk anak kamu juga, karena pendidikan seorang perempuan juga akan mempengaruhi cara ia mendidik anaknya nanti. Coba kalau kamu ga kuliah, nanti anak kamu nanyain soal kampus ke siapa? dia minta saran ke siapa? Sebaik apapun guru mereka disekolah, guru yang terbaik tetap adalah orang tuanya. Minimal, kalau suami kamu ga ngizinin kamu kerja, kamu bisa berbagi ilmu, pengalaman, dan segalanya dengan anak kamu. Jadi ga ada istilah gelar saarjana ga ada gunanya kalo ga kerja, karna mendapat gelar sarjana itu pake ilmu, dan ilmu itu akan bermanfaat jika kita menggunakannya.  Yaaa .. syukur2 kalo suami kamu ngizinin kamu kerja hehehe

So, tetap semangat nyari ilmu ya ..
"Karna ketika kamu dilahirkan, Allah menitipkan hadiah berupa bakat untuk kamu, tanpa memandang kamu perempuan ataupun laki-laki. So, temukan hadiah itu dari sekarang, agar kamu ga nyesel nantinya, asah terus, dan belajarlah dari hadiah itu .. ^.^".

2 comments: