expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday, February 16, 2014

SAMUEL BARCLAY BECKETT DAN KARYA FENOMENALNYA



SAMUEL BARCLAY BECKETT DAN KARYA FENOMENALNYA

            Beckett yang memiliki nama lengkap Samuel Barclay Beckett ini merupakan novelis terkenal yang juga merintih karirnya sebagai penulis puisi. Samuel Barclay Beckett lahir pada tanggal 13 April 1906 dan meninggal pada tanggal 1989. Beckett termasuk novelis yang juga merambah dunia sastra lainnya sebagai Irish avant-garde, playwright (dramawan), direktur beberapa pentas drama, serta penulis puisi. Becket tinggal di Paris, namun banyak di antara karyanya menggunakan Bahasa Inggris serta Bahasa Prancis.
            Waiting for godot”  merupakan salah naskah drama yang ditulis oleh Beckett dalam Bahasa Prancis, dan pertama kali di pentaskan di Paris, kota kelahiran Beckett pada tanggal 5 januari 1953. Drama ini berhasil menyita perhatian para tokoh sastra, serta masyarakat lain sebagai penikmat sastra. Hal ini membuktikan bahwa Beckett tidak hanya berperan sebagai penulis puisi, penulis novel, direktur pentas drama, tetapi juga sebagai penulis dari naskah drama itu sendiri. Pentas yang digarap oleh dirinya sendiri inilah yang banyak menyedot perhatian banyak masyarakat hingga diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, dan bahkan dipelajari oleh mereka yang juga terjun di dunia bahasa khususnya sastra. Tentunya masih banyak lagi karya sastra Baeckett yang juga fenomenal hingga menjadi tokoh sastra yang dikenal hingga sekarang. Adapun “waiting for godot” yang merupakan naskah drama yang digarap oleh dirinya sendiri ini merupakan drama yang paling terkenal dan menjadi aset berharga dalam dunia sastra.
            Beckett memang merupakan penulis drama yang terkenal dengan jenis drama tragicomedy, dimana didalamnya berdapat unsure serius tetapi juga mengandung sisi homurnya. “waiting for godot” ini merupakan karya Beckett yang bergenre tragicomedy. Penulis yang terkenal pada abad ke 20 ini juga memiliki sisi modernists pada setiap karyanya, yang salah satu diantaranya terlihat dalam drama “waiting for godot”.
            Untuk karya-karyanya yang sangat diminati banyak masyarakat ini, Beckett berhasil mendapatkan penghargaan pada tahun 1969, dengan penghargaan Nobel prize in literature, karena telah menghadirkan sisi baru dalam dunia drama, yakni dengan menghadirkan modernist, tetapi memiliki suguhan tragedy comedy yang tidak membuat pembaca ataupun penonton teaternya bosan. Beckett juga terpilih sebagai Saoi of Aosdána pada tahun 1984.
            “Waiting for godot” itu sendiri merupakan salah satu drama bersejarah yang sampai saat ini masih dipelajari, khususnya oleh mereka yang terjun di dunia sastra. Drama yang termasuk kedalam drama tragedy comedy ini sangat terkenal dan memiliki pengaruh yang besar dalam dunia sastra. Dalam drama ini, hanya ada beberapa tokoh yang mencakup Vladimir, Estragon, Pozzo, Lucky, serta Boy.
            Keunikan dalam drama ini yang sangat di tonjolkan oleh Beckett adalah karakter Vladimir dan Estragon yang nyaris mendominasi setengah dari drama ini. Adapun tokoh lain yang juga di hadirkan pada drama ini adalah Pozzo, Lucky, serta Boy. Beckeet dangan apik menjelaskan setiap karakter dalam drama ini lewat dialog para tokoh. Biasanya, karakter dalam suatu cerita hanya memiliki satu tokoh saja yang menjadi peran utamanya. Namun disini, Beckett menghadirkan dua tokoh utama, yakni Valdimir dan Estragon, yang ternyata bukan bagian dari Godot. Mereka hanya memiliki visi yang sama, yakni menunggu untuk bertemu dengan seseorang bernama Godot tersebut.
            Sekilas dari judulnya “waiting for Godot”, pembaca akan mengira bahwa tokoh utama dalam drama ini adalah seseorang bernama Godot, yang memang ditunggu kedatangannya. Tetapi ternyata, hingga diklimaks atau di ending ceritapun, sosok Godot itu tidak pernah ditemukan. Godot disini hanya sebagai faction figure, yang memang berkali-kali disebutkan namanya, atau “ex absentia”, yakni keberadaan dari ketiadaan, yang memang hanya disebutkan saja tetapi sama sekali tidak ada dalam karakteristik tokoh. Inilah salah satu bentuk kecerdasan Beckeet, yang tentunya berhasil membuat para penikmat karyanya menimbulkan jutaan pertanyaan serta rasa penasaran. Dalam sebuah karya sastra, tidak semua penulis pandai dalam membuat penikmat karyanya berimajinasi dengan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi pada alur cerita yang disajikan. Inilah yang membuat beckeet juga menjadi fenomenal karna karyanya yang fenomenal ini.

No comments:

Post a Comment